Wow, Ada “Laut Belah” di Morotai

Kabupaten Morotai di Halmahera, Provinsi Maluku terkenal oleh perairan yang sangat indah. Tapi tak banyak yang tahu, sebuah gosong pantai menghubungkan Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar. Seperti fenomena laut terbelah!

morota
Pulau Dodola hanya berjarak sekitar 5 Km dari Daruba, ibukota Kabupaten Morotai. Traveler bisa menyambangi Dodola naik speedboat, dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Dodola terbagi menjadi 2, yakni Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil.

Nah, saat air laut sedang surut, traveler bisa melihat gosong pasir yang menghubungkan kedua pulau tersebut. Mengutip situs Visit Morotai, Kamis (23/10/2014), berada di sini seolah sedang membelah lautan!

Saat air laut surut pula, traveler bisa melihat ‘batu kopi’. Sesuai namanya, batu ini menebar bau harum khas kopi.

Selain cantik, Pulau Dodola juga bersejarah. Pulau ini menjadi salah satu tempat favorit Jenderal MacArthur semasa Perang Dunia II. Hamparan pasir putih di pulau ini menjadi tempat peristirahatan tentara sekutu.

Pulau Dodola Besar memiliki luas 948.283 m2, sementara Dodola Kecil seluas 121.653 m2. Kedua pulau ini tidak berpenghuni, namun terdapat 3 penginapan yang bisa jadi tempat istirahat bagi wisatawan.

Selain mengunjungi langsung gosong pantai antara kedua pulau, banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Dodola. Berenang, snorkeling dan diving tentu mengasyikkan. Pemandangan bawah air di sekitar Pulau Dodola sangat indah, lengkap dengan warna-warni terumbu karang.

Sumber : travel.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *