Guangzhou, Pusat Grosir China

Berlokasi di delta Sungai Mutiara (Pearl River Delta), Guangzhou berkembang sebagai salah satu kota perdagangan terbesar di selatan China. Letaknya yang berdekatan dengan Hongkong, Macau dan Asia Tenggara membuatnya sebagai pusat komersil utama di China. Data pemerintah kota Guangzhou menunjukkan bahwa pada tahun 2006 terdapat 586 pasar grosir yang tersebar di seluruh kota. Dengan didukung oleh sistem transportasi dan tempat penginapan yang memadai, Guangzhou menjadi kota tujuan utama bagi para pelaku bisnis ekspor impor.

guangzhou1

Banyak sekali produk grosir yang dapat anda temukan di Guangzhou, mulai dari pakaian, tas, sepatu, aksesoris wanita, mainan, aksesoris otomotif, elektronik, aksesoris hp, tekstil, jam tangan, dsb. Satu hal yang perlu diperhatikan, lokasi pasar grosir di Guangzhou bagi setiap produk berbeda-beda, bahkan terkadang untuk satu produk yang sama misalnya pakaian terdapat di beberapa pusat grosiran disesuaikan dengan karakter pakaian tersebut. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk datang ke Guangzhou sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu pusat grosiran mana saja yang menjual barang yang anda cari untuk menghindari pemborosan waktu dan tenaga mengitari seluruh kota Guangzhou.

Ada beberapa perspektif terkait “harga” yang disebutkan di atas. Jika yang anda maksudkan adalah harga barang-barang umum secara keseluruhan, maka dapat saya katakan harga barang di Guangzhou tidaklah murah. Misalkan saja untuk air mineral. Satu botol air mineral di Guangzhou harganya berkisar 1.5yuan (mata uang china) hingga 3yuan. Harga burger di McD berkisar 15yuan-30yuan. Dengan nilai kurs sekarang maka harga tersebut bisa dibilang setara atau bahkan sedikit lebih mahal daripada harga barang yang sama di Indonesia. Namun berbeda halnya jika “harga” yang dimaksudkan adalah “harga” barang di pusat grosiran. Mengapa demikian? Pertama, karena harga barang di pusat grosiran memang dikhususkan untuk pembeli yang membeli dalam jumlah yang besar, setiap penjual mematok jumlah minimum yang harus dibeli pembeli. Semakin banyak anda beli maka harga akan semakin murah. Kedua, harga bisa dikatakan lebih murah di Guangzhou karena jika dibandingkan dengan harga produk impor di Indonesia yang notabene hampir semuanya dibuat di China, maka tentu saja akan lebih murah jika anda mengambil langsung dari sumbernya :)

Setiap produk memiliki jumlah minimum pembeliannya masing-masing, bervariasi tergantung kategori produk, kebijakan penjual dan lagi-lagi harga yang ditawarkan. Namun anda tidak perlu takut, jumlah minimum yang dipatok tidaklah terlalu besar, misalkan (lagi-lagi untuk pakaian), biasanya dipatok untuk satu ukuran satu warna satu jenis bajunya adalah 5pcs.

Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat ke Guangzhou?

Pertama, hal paling penting yang harus Anda perhatikan adalah tanggal keberangkatan. Hindari hari-hari libur nasional China, karena sebagai negara dengan populasi penduduk terbesar di dunia, hari libur akan berarti kemacetan dan keramaian yang amat sangat dimana-mana. Terlebih lagi besar kemungkinan pusat-pusat grosiran juga akan tutup karena pemilik-pemilik toko juga ikut pulang kampung atau berlibur bersama keluarga.

Kedua, sesuaikan pakaian yang anda bawa dengan musim di China. Terutama jika musim dingin, penting untuk membawa jaket super tebal untuk menjaga anda dari dinginnya suhu di Guangzhou.

Ketiga, tentukan produk yang akan anda cari dan cari tahu terlebih dahulu lokasi pasar yang akan anda kunjungi. Kota Guangzhou cukup besar sehingga akan sangat mudah bagi anda untuk tersesat.

Keempat, pastikan anda atau teman seperjalanan anda bisa berbahasa mandarin atau kanton, meskipun hanya ala kadarnya. Bahasa utama di Guangzhou adalah bahasa kanton dan bahasa mandarin. Penguasaan bahasa inggris penduduk setempatnya sangat kurang. Untungnya beberapa petunjuk jalan, MRT dan bus sudah ada yang berbahasa inggris. Namun petugas-petugas keamanan di area-area tersebut, penduduk lokal bahkan petugas hotel saja sangat jarang yang bisa berbahasa inggris.

Kelima, visa dan tiket pesawat. Penduduk Indonesia memerlukan visa untuk memasuki daerah China. Proses pengajuan visa tidaklah susah. Anda boleh menggunakan jasa agen perjalanan atau langsung mendatangi kantor pengajuan visa china (Chinese Visa Application Service Center) dan mengajukannya sendiri. Adapun beberapa penerbangan yang menyediakan penerbangan dari Indonesia ke Guangzhou antara lain Garuda Indonesia, China Southern Airlines, Airasia, Singapore Airlines dan Malaysian Airlines.

Sumber : tourbisnischina.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *