Dahsyatnya Tebing Keraton Bandung

Kabut tipis menyelimuti hijaunya pohon pinus yang tumbuh bederet bagai permadani. Waktu menunjukan pukul empat sore ketika itu. Langit masih sedikit mendung meski hujan telah reda. Suasana kelabu tersebut tidak menyurutkan kecerian para pengunjung yang asyik berfoto sambil memandangi curamnya pemandangan dari atas tebing. Tebing keraton, sebuah destinasi yang tepat untuk melarikan diri sejenak dari sibuknya rutinitas selama sepekan.

Tebing-Karaton

Tebing yang berlokasi di Kampung Cihargem Puncak, Desa Ciburial, Bandung Jawa Barat ini masih berada dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda. Dari pintu gerbang Tahura Ir. H. Juanda, pengunjung hanya perlu mengikuti jalan lurus sepanjang kurang lebih 500 meter, hingga menemukan papan penanda jalan menuju Tebing Keraton. Papan tersebut menunjuk ke arah kanan jalan. Setelah belokan, Anda akan melewati deretan rumah mewah. Perlu menempuh jarak kurang lebih 8 km lagi untuk tiba di tebing.

Tidak sulit untuk menemukan Tebing Keraton karena sudah ada beberapa papan penanda yang dipasang warga di beberapa persimpangan jalan. Meski tidak sulit untuk menemukan tebing tersebut, bukan berarti Tebing Keraton dapat dikunjungi dengan mudah. Akses jalan menuju tebing bisa dibilang cukup rusak, diperlukan keahlian lebih untuk mengemudikan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

Lokasi Tebing Keraton sudah dekat jika Anda telah melewati Warung Bandrek yang biasa dijadikan tempat berkumpulnya komunitas pengendara sepeda gunung. Kurang lebih 2 km dari Warung Bandrek, pengunjung akan tiba di pintu masuk Tebing Keraton. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, pengunjung perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor.

Di pintu masuk, pengunjung dapat melihat baliho yang mencantumkan harga tiket masuk Rp 11.000 bagi wisatawan nusantara dan Rp 76.000 bagi wisatawan mancanegara. Harga tiket tersebut ditetapkan menurut Peraturan Gubernur Jawa Barat no 26 Tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *